Selasa, 04 Oktober 2011

Freestyle BMX

Sepeda yang satu ini memang tidak ada matinya untuk dimainkan, karena BMX memiliki daya tariknya tersendiri. BMX memiliki bentuk yang sangat kokoh, maka dari itu BMX sangat cocok untuk dimainkan di medan seperti apa pun. Freestyle BMX sendiri adalah sebuah ide yang sangat kreatif dan cukup mendobrak batasan-batasan yang ada tentang bagaimana cara bersepeda yang baik dan benar.
Freestyle BMX tidak memiliki aturan-aturan yang jelas, dengan gaya-gaya yang ekstrim, mengerikan, dan mengandung resiko celaka yang sangat besar menjadi sesuatu yang wajib di pertontonkan di sini.
Dalam beraksi, mereka jarang sekali menggunakan alat pelindung, kalau pun ada mungkin hanya sebatas helm saja. Selain itu rem yang memiliki daya cengkram yang kuat serta ban yang bagus menjadi sesuatu yang penting dan wajib diperhatikan bagi para freestyler BMX ini. Freestyle BMX dan skateboard sedikit banyak memiliki hubungan yang sangat erat, salah satunya ialah media yang digunakan untuk bermain, vert, dan ramps yang mereka gunakan sangat mirip bahkan mungkin sama, maka dari itu tidak heran jika suatu saat Anda akan melihat dua permainan ini dimainkan di tempat yang sama. Cobalah memperhatikan bagaimana cara mereka menaklukan medan-medan tersebut, serta trik-trik yang mereka tampilkan. (can)

Bergaya Dimana Aja
NGOBROL, latian, canda dan tukar ilmu sembari nonton video atau play station. Itu yang biasa berlangsung di komunitas BMX Flat Land. Tukar ilmu dan berlatih trik-trik sepeda BMX.
BMX Flat Land itu kumpulan anak muda penghobi bersepeda. Bagi mereka bersepeda itu lebih keren dan asik daripada pakai kendaraan bermesin. “Kita bisa gaya dimana aja mas. Trotoar oke, devider bisa, apalagi di parkiran. Yang penting tempatnya luas “ kata Agung Budi Nugroho, salah satu anggota komunitas BMX Flat Land.
Banyak gaya yang bisa dilakukan komunitas bmx ini, seperti Funky Chicken, Stam Roller, Hang 5. Menurut Agung, bmx lebih positif daripada hobi yang membuang-membuang duit. “Kita nabung mati-matian buat modal maen bmx,” ujar semangat Agung.
Untuk masuk komunitas BMX ini nggak ada syarat khusus. Cukup modal sepeda udah bisa gabung.
Agar nggak ganggu jam belajar, latihan dilakukan sore hari. Pas malam minggu latian di Bunderan UGM. Malam minggu pasti rame karena banyak komunitas BMX lain yang ikut bergabung. ‘’Jadi bisa nambah temen sekaligus pamer perhatian cewek, he.. he.. he…,“ kata Agung terkekeh-kekeh.
Dengan komunitas BMX lain mereka juga saling tukar ide, atau bahkan adu ketrampilan. Seperti standing paling lama, ato hang 5 terlama. Hang 5 dianggap susah karena butuh keseimbangan dan konsentrasi tinggi.
Kata mereka BMX tu asik, sesuai jiwa anak muda yang menantang dan ingin coba-coba lalu ketagihan. Efek candu yang ditawarkan BMX adalah jika kita menguasai trik-trik dasar bmx, mesti kita pengen yang lebih agar di anggap hebat.
BMX Flat Land ini secara jujur mengakui salut dengan Pemerintah Kota Jogja, terutama dengan program Sego Segawe. Yaitu sepeda nggo sekolah lan nyambut gawe. Ayo mulai hidup sehat dengan bersepeda!!! (net)

Tips Bersepeda Buat Pemula

Aman Bersepeda di Jalan Raya
Sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana caranya sepeda dengan aman di jalan raya. Usahakan tetap berada di jalur sebelah kiri. Namun jangan terlalu ke pinggir, sebab biasanya pecahan gelas/kaca dan benda-benda tajam penyebab ban bocor, justru ada di situ. Anda mempunyai yang sama dengan pengguna kendaraan bermotor lainnya.
Bersepedalah dengan jarak 2-3 kaki dari bibir aspal. Beri ruang pada kendaraan lain untuk lewat tanpa mengganggu jalur yang sedang Anda pakai. Gunakan isyarat-tangan sebelum berbelok dan pastikan memasang sejumlah reflektor jika bersepeda dalam kondisi gelap.

Kenakan Helm
Jika Anda ingin lebih aman bersepeda, selalu gunakan helm sepeda. Cedera di bagian tubuh lainnya masih bisa diobati dan pulih kembali, sedangkan sel otak yang cidera sangat sulit terdeteksi dan sukar disembuhkan.
Segeralah kunjungi toko sepeda dan pilih salah satu helm yang memiliki standar keamanan sesuai keahlian Anda bersepeda. Pilihlah yang benar-benar terasa pas dengan ukuran kepala Anda dan sesuaikan tali pengikatnya agar helm tak mudah lepas. Jangan sampai kendor atau sebaliknya kekencangan.

Gunakan shifter
Banyak orang yang gemar bersepeda menggunakan gear tertinggi sepanjang waktu. Maksud hati ingin memperoleh kecepatan semaksimal mungkin. Akibatnya mereka mengayuh dengan keras dan cepat kecapaian. Cara demikian bukan saja menyebabkan kaki pegal-pegal, tapi juga dapat merusak otot dan persendian.
Padahal cara bersepeda yang efisien justru mengusahakan kayuhan (cadence) berada di kisaran 80-100 putaran permenit (RPM). Pakailah shifter guna memelihara cadence tergantung kondisi jalan yang dihadapi.
Turunkan gear bila menghadapi jalan menanjak. Jangan merasa enggan untuk mengoper shifter sesering mungkin, demi kenyamanan kaki Anda saat mengayuh pedal. Lebih baik bersepeda dengan aman dan nyaman, ketimbang semata-mata mengejar kecepatan.

Mengendalikan Handlebar di Tikungan
Ini karena tampak hanya perlu memutar handlebar, mengikuti arah tikungan dan cukup meluruskan handlebar kala ingin lebih cepat menambah kayuhan. Wajar jika pertama kali Anda merasa takut saat melewati tikungan hingga sepeda tampak miring. Tapi pengendara yang lebih ahli bahkan dapat memiringkan sepeda hingga mendekati 45 derajat tanpa terjatuh. Berlatihlah pada tahap awal menghadapi tikungan dengan kecepatan sedang tanpa kaku. Semakin banyak Anda berlatih, perasaan takut melewati tikungan akan hilang dengan sendirinya.

Pengereman
Ada mitos yang mengatakan pengereman pada roda depan bisa menyebabkan pengendara sepeda dapat terjungkal. Mitos ini tak seluruhnya benar, rem depan justru berfungsi lebih banyak dibanding rem belakang. Rem depan mampu menghentikan laju sepeda lebih efisien.

Bersepeda di Jalur Off-Road
Banyak tantangan unik yang terbentang di jalur off-road. Bersepeda akan terasa lebih menyenangkan karena melewati tanah, rumput, pepohonan, dan pemandangan alami lainnya. Meski demikian, jangan pernah mencoba memakai sepeda non off-road di atas jalur ini. Selain berbahaya juga mengandung banyak resiko, ban kempes misalnya.
Pakailah sepeda yang memang dirancang untuk off-road jika ingin mereguk kenikmatan bersepeda lintas alam. Sepeda gunung (mountain bike) merupakan pilihan yang terbaik. Pertimbangkan jaur yang dilewati sesuai kemampuan bersepeda Anda. Jangan malu untuk memutar atau menuntun sepeda, jika kondisi jalan memang dirasa terlalu sulit dilewati.

Bicycle Fitness
Bersepeda merupaka cara terbaik untuk memperoleh kesehatan. Bila Anda sudah lama tak berolahraga, mulailah dengan perlahan agar tubuh mengalami rekondisi. Bersepedalah dengan jarak yang pendek pada tahap permulaan (kurang dari sejam) dan usahakan secara berkala (4-5 kali dalam seminggu). Pada masa ini tubuh akan mengalami penyesuaian.
Guna menghindari cidera, jangan bersepeda terlalu berat atau dalam jarak yang jauh. Setelah seminggu atau dua minggu berikutnya, Anda sudah siap untuk menambah jarak dan waktu bersepeda lebih panjang. Ikutlah bergabung dengan klub sepeda setempat. (can)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar