Selasa, 04 Oktober 2011

All About Skateboard

Bagian-Bagian Skateboards
4234475
1. Grip Tape (Lapisan berupa Tape berpasir di atas papan skateboard)
2. Nose Skateboard (Bagian depan skateboard)
3. Riser Pad (Dudukan yang terbuat dari bahan plastik untuk menambah ketinggian,mengurangi getaran)
4. Home Truck (Dudukan Truck terbuat dari bahan metal)
5. Truck
6. Nuts (Baut untuk mengencangkan papan dengan Truck)
7. Bushings (Bulatan yang terbuat dari karet)
8. Bearings
9. Wheels (Roda)
10. Spacer (Pembatas antara Bearings)
11. Bolts (Baut)
12. Rings
12a. Kingpin
13. Tail Skateboard (Bagian belakang skateboard)
14. Concave (terdiri dari 7/8/9 lapis kayu maple)
15. Nuts (Baut untuk mengencangkan papan dengan Truck)


Trick Dasar Skateboard

Ollie

Ollie adalah dasar dari semua trick di modern skateboard
Ollie adalah Gerakan pemain melompat menggunakan papannya
Ollie ditemukan oleh Alan Gefland Ollie pada tahun 70an
Ollie Kemudian di sempurnakan Oleh Rodney mullen
Langkah – Langkah Ollie
1. Letakkan kaki anda sesuai dengan gambar di atas
2. jongkok lah untuk mendapat gaya tekan
Pada saat kecepatan anda stabil tekan kaki belakang anda kebawah
3. kemudian gunakan kaki depan untuk mengangkat papan ke arah atas
4. Angkat kaki belakang anda sejajar dengan kaki depan anda
5. Turun kan kaki anda secara bersama – sama
6. seimbangkan posisi badan
7. Roll Away

Pop Shove It

Pop Shove it Adalah gerakan pemain memutar papan ke samping 180 Derajat
Pop Shove it Adalah trick wajib Skateboarder
Langkah – Langkah Pop Shove It
1. Letakkan kaki anda sesuai gambar, diatas papan skateboard
2. jongkok lah sedikit untuk mendapatkan daya tekan
3. tekan kaki belakang anda ke arah bawah dan loncatlah
4. pada saat papan berputar siapkan kaki depan anda untuk menghentikan putara papan
5. ikuti arah papan kedepan
6. letakkan kaki kiri anda diatas papan kembali
7. seimbangkan badan
8. Roll away

Kickflip

Kickflip Adalah Trick dimana pemain Memutar papan kebawah sebanyak satu kali putaran
Kickflip Adalah Trick wajib Skateboard
Kickflip Ditemukan Oleh Rodney Mullen
Langkah – Langkah Kickflip
1. Letakkan kaki anda sesuai gambar diatas
2. Jongkok lah untuk mendapatkan gaya tekan
3. tekan kebawah kaki belakang anda
4. pada saat diudara tendang kedepan kaki depan anda sehingga papan berputar
5. setelah putaran selesai hentikan putaran dengan cara meletakkan kembali kaki anda di atas papan
6. mendaratlah dengan keadaan kaki tepat diatas baut
6. seimbangkan badan anda
7. Roll Away
Apabila papan berputar sebanyak 2 kali berarti double kickflip, 3 kali Triple kickflip.
sumber:cscbox.weebly.com

Tips Memilih Skateboards
Sebelum kamu mau membeli skateboard, baik yang dibeli terpisah maupun per-set tidak ada salahnya jika tulisan ini dipertimbangkan…
  1. DECK . Sebelum memilih DECK kamu perlu tau Skating macam apa yang sering bakal kamu lakukan. Skating di Skate Park, Vert Ramp dan Pool ( TRANSITION / VERT SKATEBOARD ) Para skateboader ini kebanyakan pake Board yang cukup lebar , dengan ukuran sekitar 8” , 8.25” atau 8.38”. Lain dengan STREET/TECHNICAL SKATE, bebrapa skateboader biasanya lebih nyaman dengan Board yang lebarnya kurang dari 8”. Kalau kamu menyukai kedua jenis tempat ini (BOUTH / ALLTRAIN) Berarti BOard yang dipergunakan dengan ukuran 8”.
  2. TRUCK. Cukup penting karena didalamnya terdapat Bushing karet kecil yang mirip berbentuk donat yang fungsinya sebagai bantalan untuk membelok. – TRUCK dengan bushing yang keras dan kaku membuat Board lebih setabil. – sementara TRUCK dengan bushing yang lunak membikin run begitu mudah melakukanya. NB: untuk pemula , sebaiknya truck disesuaikan dengan ukuran medium bushing.
  3. WHEELS – TRANSITION / VERT SKATEBOARD. Ini menggunakan WHEELS dengan ukuran 55-65 mm dengan tingkat kekerasan 97-100a. ini bisa dimulai dengan ukuran 60mm. – STREET / TECHNIKAL SKATE. Ukuran yang digunakan 50-55mm, kekerasan 90-100a. – BOUTH / ALL TERRAIN SKATE. Ukuran yang digunakan 52-60mm dengan tingkat kekerasan 90-100a.
  4. BEARINGS. Ukuran (rate) bearing ABEC sekala 1-9 hanya anggka ganjil , Untuk skateboard idealnya 3-5 , lebih halu tidak retak ketika melompat diatas board.
  5. GRIPTAPE. Ini cuma selembar fungsunya untuk menutupi board mu , ada beberapa jenis grip tape ada yang kasar dan yang halus ini tergantung beberapa nbanyak uang yang kamu sediakan .
  6. RISES. Yang mempunyai fungsi untuk mengerungangi tekanan truck pada board dan mempertahan kan agar wheels tidak mengesek board mu.
  7. HARDWARE. Nuts dan Screws terpasang pada board , ada beberapa pilihan warna yang isrimewa ,tapi karena tidak cukup dana cukup cari basic parts. Jadi kalau kamu ingin mimilih skateboard yang ideal dan memenuhi keinginan kamu jangan berpatokan dengan harga skateboard yang mahal .carilah seperti yang kamu inginkan .
Daftar Brand Terkenal



Zero Skateboards

zero_logo1
Ciri khas Zero dapat dilihat dari design grafisnya yang biasanya penuh dengan darah dan tengkorak. Ketika pro skater Jamie Thomas mengambil alih perusahaan ini, Zero tetap mempertahankan ciri khas nya bahkan menambahkan unsur Gothic dan dicampur dengan PUNK…. keren bo’ . Zero deck di buat dengan kualitas yang bagus. Trus pro skater yang pake nih papan adalah Jamie Thomas, Chris Cole, Ellisa Steamer ( CEWE bo’ ) dan masih banyak lainnya. Salah satu perusahaan nya Jamie Thomas yg lain adalah Mystery, dan papan mystery di buat persis seperti Zero.

Habitat
habitat_logo1
Habitat ini adalah perusahaan papan sk8 dengan sentuhan calm, stylish dan earthy. Hampir mirip dengan Element, tapi bedanya Habitat ini tidak berusaha untuk menonjolkan skater skater nya seperti Bam Margera di Element. Itu artinya secara popularitas Habitat agak kurang terkenal, tapi papan mereka ini terkenal dengan very high quality nya looh dan grafis mereka sangat artistik dan lebih menonjolkan icon icon. Habitat juga mempunyai beberapa papan di luar papan papan normal 7 plywood lainnya seperti the Skylite lighter skate deck, corrugated bottom ply decks, and Terralone Earth-tone decks.

Plan B Skateboards
plan_b_logo
Plan B ini termasuk lumayan baru di kancah perusahaan papan sk8, tapi mereka membuat papan mereka dengan kualitas yg bagus dan membangun reputasi mereka dengan team sk8boarding mereka yang sangat di mumpuni. Plan B adalah tipe papan 7 plywood, tidak ada sesuatu yang istimewa dgn papannya tapi papan tersebut di buat dgn kualitas yg ok dan dapat diandalkan. Grafis Plan B cenderung simple dan ngga aneh aneh. Mereka mempunya team sk8er yang sangat di hormati, antara lain Ryan Sheckler, jereme rogers, denny way, colin mckay ……..gila khan, pemain all star semua bo’

Element Skateboards
element_logo
Wah element skateboard ini dah terkenal sejak lama sebagai salah satu perusahaan papan sk8 dengan kualitas yang tinggi. Element adalah perusahaan yang sangat memperhatikan lingkungan sekitar. Element juga mempunyai papan sk8 Jenis Helium Line yang mempunyai rongga udara yang akan membuat papan tersebut lebih ringan dan kuat. Style Grafis Element umumnya simple, dengan logo dan permainan warna. Salah satu rider mereka yang terkenal adalah Bam Margera, Chad Muska

Powell Skateboards
powell_logo
George Powell bersama dengan Stacey Peralta mendirikan Powel Peralta, sebuah perusahaan yang founded Bones Brigade yang legendaris itu. Papan Powell sudah terkenal sejak jaman dulu akan kualitasnya, di buat di california dari kayu kayu amerika pilihan. Intinya papan Powel ini kualitasnya maknyusss banget dan enak buat di pake. Sedangkan style grafisnya bervariasi tergantung tema pada tiap tiap tahun

Blind
blind_logo
Papan Blind di buat dengan kualitas yg tinggi dan mempunyai beberapa keunikan teknologi seperti 8 plyawood, 7 plywood yg sangat ringan, papan dengan vertikal laminated core, dan papan dengan texalium didalamnya ( aluminium dan campuran gelas ) Edaan khan !!. Style grafis blind cenderung dark, kekerasan, dan beraroma kematian ( dengan logo setannya yg imut hehehehe )

Birdhouse and Blitz
birdhouse_logo
Birdhouse ini adalah perusahaannya Tony Hawk , dan dia memastikan bahwa papan yg di buat perusahaannya adalah papan yang berkualitas. Birdhouse juga mempunya teknologi Black 6, yaitu 6 plywood yang tipis pada konstruksi papannya yang gunanya untuk menambah pop dan membantu flick. Tony hawk juga membangun teamnya dengan sangat mengagumkan, dengan dirinya dan shaun white serta beberapa sk8er lainnya.
Birdhouse merupakan bagian dari Blitz yang juga terkenal dengan papan Flip, Baker dan Hook Ups.

Girl and Chocolate Skateboards
girl_logo
Girl dan Chocolate adalah 2 brand yang sama sekali berbeda, tapi cara pembuatannya sama, dan kedua duanya di bawah Crailtap. Kedua duanya adalah papan yang bagus, ngga ada yg terlalu istimewa, hanya papan 7 ply buatan amerika yang dapat kamu gunakan. Kedua perusahaan mempunyai team rider yg tangguh ( seperti Eric Koston dan Devine Calloway )

Toy Machine
toy_machine_logo
Toy Machine adalah papan 7 ply dengan kualitas bagus. Perusahaan ini tidak menawarkan teknologi atau apapun dalam konstruksi deck mereka, tapi mereka membuat nya dengan sangat bagus. Style dari grafis mereka kebanyakan bertemakan kartun monster. Rider mereka adalah Billy Marks, Ed Templeton dan josh Harmony

LIB Technologies Skateboards
lib_tech_logo
Papan Lib Tech biasanya unik dan aneh, dibuat dengan sangat berkualitas dan selalu menawarkan feature teknologi baru yang membuat Lib Tech menjadi unik. Jadi kalo kamu pengen mencoba sesuatu yang unik, silahkan cobain papan papan Lib Tech. Disamping itu Lib tech juga terkenal dgn papan snowboards nya.

Alien Workshop
alien_workshop_logo1
Alien Workshop terkenal dengan design design yang sangat artistik dan unik. Mereka membuat papan 7 ply, menggunakan teknologi corrugated deck, serta papan ini sangat ringan dan harga yg lebih murah di banding papan papan terkenal lainnya. mereka bisa lebih murah karena menggunakan sedikit tinta. Pokoknya alien wrokshop nih dah terkenal sebagai perusahaan papan sk8 yang inovatif.
Masih ada banyak lagi merek skateboard yang tentu saja saya sendiri tidak tahu.

#Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar